ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Kamis, Agustus 22, 2024

 

KENALKAN BUDAYA TANAH JAWI DI KUKAR, SLAMET HADIRAHARJO: “SEBAGAI BENTUK KEBERAGAMAN SENI BUDAYA INDONESIA”

 

HORAS KUKAR TENGGARONG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKA PAKARTI) Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pariwisata yang telah menfasilitasi kepada Ika Pakarti baik melalui festival maupun bantuan-bantuan yang telah kami terima berupa Gamelan saat peresmian sekretariat DPD Ika Pakarti Kukar.

 

Hal tersebut disampaikan Slamet Hadiraharjo saat menyampaikan sambutannya di pembukaan Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) 79 Republik Indonesia dan HUT IKA PAKARTI ke 21 tahun, pada Rabu (21/8/2024) malam di lapangan parkir stadion Rondong Demang Tenggarong.

 

Katanya lagi, “Makna sesungguhnya kegiatan ini adalah dapat melestarikan kebudayaan kita yang selama ini jauh dari kampung halaman kita, merindukan kesenian kebudayaan. Melalui event ini dapat mengobati rasa kekangenan kita kepada daerah asal kita, dan menjadi ajang silaturahmi kita diperantauan Kukar”.

 

Slamet mengingatkan, bahwa panitia telah menyediakan tenda gratis untuk UMKM khusus makanan khas dari daerah masing-masing untuk mengobati rasa kangen kepada daerah kita masing-masing.

 

Sementara ketua Dewan Pimpinan Pusat Ika Pakarti Kalimantan Timur Rusmadi Wongso menyampaikan apresiasi yang luar biasa buat DPD Ika pakarti Kukar bersama paguyuban dan seni budaya yang sudah menyelenggarakan Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Agustus 2024.

 

‘Melalui HUT Ika Pakarti ini dapat memberi tempat untuk menggairahkan semangat UMKM ekonomi kerakyatan sebagaimana misi Ika Pakarti untuk membangun ekonomi kerakyatan”, ujarnya.

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar