ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Minggu, Agustus 25, 2024

 

JAGA DAN LESATARIKAN ADAT BUDAYA LELUHUR, BUPATI KUKAR EDI DAMANSYAH BUKA FESTIVAL ERAU ADAT BENUA TUHA SABINTULUNG

 

HORAS KUKAR TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damanysah didampingi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin dan Permaisuri hadir dan membuka langsung Festival Erau Adat Benua Tuha Sabintulung, pada Sabtu (24/8/2024) sore di tanah lapang desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman.

 

Tampak hadir pada kegiatan ini, wakil ketua DPRD Prov. Kalimantan Timur Senoaji, wakil ketua DPRD Kukar Alin Turnadi, Plt. Dispar Sugiarto, Kapolsek, Danramil, managemen perusahaan dan undangan lainnya.

 

Walaupun diguyur hujan, tapi atusias masyarakat desa Sabintulung tidak menyurutkan semangat mereka untuk datang menyaksikan pembukaan festival yang mereka banggakan ini, mereka berbondong-bondong seperti membentuk pagar mengelilingi tanah lapang tempat kegiatan berlangsung.

 

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, Erau Adat Benua Tuha (EABT) sudah menjadi agenda rutin di desa Sabintulung dan calendar event Pemkab Kukar”, ujar Edi.

 

Lagi katanya, “EABT terjaga dan terlestari tradisi adat istiadat leluhur nenek moyang kita yang meninggalkan torehan tradisi seni budaya karena peran desa, kepala adat dan tokoh masyarakat”.

 

“Harapan saya, seluruh masyarakat Sabintulung, jaga denga baik tradisi adat ini, karena tidak semua desa mempunyai historis sejarah seperti ini”.

 

“Pemkab Kukar akan terus menfasilitasi festival EABT ini karena sudah masuk kalender event”, kata Edi berjanji, dan disambut tepuk tangan.

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar