ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Kamis, Agustus 22, 2024

 

BUPATI KUKAR EDI DAMANSYAH BUKA GEBYAR BUDAYA DAN PAGELARAN WAYANG KULIT OLEH IKA PAKARTI

 

HORAS KUKAR TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah yang diwakili oleh Camat Tenggarong Sukono membuka secara resmi kegiatan Gebyar Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) 79 Republik Indonesia dan HUT Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKA PAKARTI) ke 21 tahun, pada Rabu (21/8/2024) malam di lapangan parkir stadion Rondong Demang Tenggarong.

 

Sebelum dibuka, terlebih dahulu diawali dengan Tari Keraton Kukar Ing Martadipura, disusul Tari Jepen, Tari Dayak, Tari Gambyong dan terakhir Campur Sari Paguyuban warga Sragen Kukar.

 

Tampak hadir ketua DPD Ika Pakarti Kukar Slamet Hadiraharjo, Ketua DPP Ika Pakarti Kaltim Rusmadi Wongso, ketua panitia Sabar Handoyo, Camat Tenggarong Sukono, para ketua paguyuban Tanah Jawi, kepala OPD dan undangan lainnya.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan yang dibacakan Sukono mengatakan, “Tiap daerah di Indonesia memiliki budaya lokal yang beragam dan unik. Kurangnya upaya pelestarian bisa terancam punah jika tidak dilestarikan dengan serius dalam upaya menjaga identitas bangsa”.

 

“Untuk melestarikan budaya lokal di Indonesia diperlukan upaya dan dukunga dari berbagai pihak, terutama dari pemerintah, masyarakat dan lembaga pendidikan, salah satunya mengajarkan kepada generasi muda peerus bangsa”, kata Edi.

 

“Dukuga masyarakat sangat diperlukan keterlibatannya dalam melestarikan budaya lokal, seperti membuat pementasan seni tradisional, pameran budaya, dan lomba-lomba kebudayaan”, sahutnya.

 

Katanya lagi, “Pemkab Kukar sagat mendukung dan memberi perhatian dalam upaya pelestarian budaya lokal, degan meberikan dana berupa pemugaran banguan-bangunan bersejarah, pengembangan seni tradisional serta mempromosikannya”.

 

Sementara ketua panitia Sabar Handoyo mengcapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar melalui Dinas Pariwisata sudah memprogramkan kegiatan ini. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini membuat semakin hidup rukun Ika pakarti dan paguyuban yang ada di Kukar, rukun bergotong royong, akan membantu pembangunan di Kukar.

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar