ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Selasa, Juni 11, 2024

 

Setelah hari pertama studi tiru ke tempat wisata Obelix Sea View (7/6/2024) kemarin, kembali 12 pemenang Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) Kukar 2023 studi tiru ke salah satu pemenang Asean Tourism Award 2023 yaitu Desa Pentingsari Yogyakarta, Minggu (9/6/2024) pagi.

 

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dispar Triyatma, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Zikri Umulda dan Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Antoni Kusbiantoro ikut mendampingi peserta ATWI ke desa Pentingsari. Disana kami disambut oleh para mahasiswa dari Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) yang lagi Praktek Kerja Lapangan (PKL). Mereka memandu kami dalam perjalan sampai ke tempat acara sharing session.

 

Triyatma dalam sambutannya mengatakan, “Kami rombongan dengan membawa 12 pemenang Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) Kukar 2023 datang kesini (Pentingsari) untuk untuk belajar dan memberi motivasi dalam mengelola wisata di desanya, bagaimana desa wisata Pentingsari bias maju agar kami bias mengelola wisata di Kukar, harapan kami bias meniru apa yang dilakukan disini”.

 

Ciptaningtias sebagai pengurus BUMDES merespon apa yang disampaikan Triyatma menjelaskan, “Dulu Desa Pentingsari merupakan desa termiskin, tidak ada apa-apanya tentang potensi wisata yang dimiliki, kemudian tahun 2008 mulai dipoles dengan membuat branding desa wisata”.

 

Dijelaskan lagi, “Akses jalan penting buat destinasi wisata, lalu sinergitas dan kolaborasi penting dalam membangun pariwisata, kerjasama berbagai pihak, wisatawan sangat penting untuk mendapat pengalaman di tempat wisata”.

 

Rosoooo … setelah sharing session dan studi tiru, lalu kami lanjut melihat wisata Gunung Merapi Mbah Marijan, disana kami melihat berbagai peninggalan akibat letusan gunung merapi menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar