Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024

Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024 akan dilaksanakan di Musyawarah Pelayanan Kalimantan Timur II sebagai tuan rumah

Jumat, November 10, 2023

 

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka secara resmi “Festival Topeng Nusantara” tahun 2023 untuk pertama kali diselenggarakan di Kukar bekerjasama dengan Solo International Performing Arts (SIPA) , Kamis (9/11/2023) malam di Taman Kota Raja Tenggarong.

 

Edi Damansyah dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadiraharjo mengatakan, “Topeng merupakan karya seni tradisional yang unik, hampir seluruh daerah Indonesia memilikinya”.

 

“Selain tujuan menghibur juga menumbuhkan rasa tertarik untuk mempelajari dan melestarikan seni budaya Topeng tradisional Kalimantan khususnya Kutai dan Dayak, Edi juga berharap, semoga melalui festival ini wawasan masyarakat terhadap seni topeng tradisional semakin kaya”, katanya.

 

“Mari kita sama-sama menjaga adat istiadat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura sebagai upaya menjaga warisan nilai-nilai luhu”, ujar Edi berharap.

 

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dispar Triyatma (ketua panitia) mengatakan, “Festival Topeng Nusantara (FTN) sempat digagas pelaksanaannya di tahun 2022 tapi karena pandemic akhirnya tahun 2023 untuk pertama kalinya Festival Topeng Nusantara dilaksanakan di Kukar bekerjasama dengan SIPA”.

 

“Festival Topeng Nusantara bertujuan sebagai sarana diplomasi budaya antar daerah untuk mengenalkan budaya topeng khususnya Kutai dengan berbagai jenis dan corak seperti Topeng Keraton, Dayak, dan Kutai”

 

Triyatma berharap, “Mudah-mudahan Festival Topeng Nusantara bisa terlaksana setiap tahun dan bisa menambah peserta kebupaten lainnya dan bekerjasama dengan Kesultanan Yogya dan Cirebon”.

 

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar