Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024

Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024 akan dilaksanakan di Musyawarah Pelayanan Kalimantan Timur II sebagai tuan rumah

Senin, Januari 30, 2023

 

Setelah selesai pelaksaan perayaan Natal Badan Persekutuan Antar Gereja Kristen (BPAGK) Kukar tiga hari yang lalu di GOR Bela Diri komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, kembali ribuan umat Kristiani memenuhi gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Sabtu (28/1/2023).

 

Setiap jemaat yang ingin masuk harus diperiksa terlebih dahulu oleh anggota dari Polres Kutai Kartanegara. Jemaat yang membawa tas harus dibuka dan diperiksa, lalu mencatat nama di buku tamu. Hal ini dilakukan demi menjaga pelaksanaan Ibadah Perayaan natal dapat berjalan dengan aman dan tertib.

 

“Melalui mimpi Allah memperingatkan orang majus itu agar pulang ke negerinya melalui jalan lain, orang Majus mengakui bahwa Yesus adalah raja yang dijanjikan, mereka taat apa yang difirmankan melalui mimpi, mereka patuh, pulang melalui jalan lain, sekalipun mereka tidak tahu situasi jalan yang mereka lalui, tapi karena ketaatan kepada Allah mereka melakukannya”, ujar ketua PGI Wilayah Kalimantan Timur, Pendeta Dr. Analita Migang, M.Div.

 

“Beliau menekankan, bila kita taat kepadanya, sesulit apapun yang kita hadapi kedepan, kita akan dijaga dan dipelihara olehNYA”, katanya.

 

Sementera sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL), Rinda Desianti mengatakan, “Natal adalah bagian dari ibadah, saya berharap kita semua lebih peduli dan respek terhadap lingkungan, kita harus peka terhadap lingkunagn kita, saling membantu, saling menjaga kerukunan yang selama ini telah terjaga untuk kepentingan kita bersama”.

 

“Mohon kepada gereja, tokoh-tokoh agama, para pendeta, membantu pemerintah memberi bimbingan kepada masyarakat agar memiliki mental yang kuat bagi mereka yang masih prasejahtera agar memiliki peluang sejahtera”, kata Rinda Desianti membacakan sambutan Bupati.

 

Berikutnya sambutan ketua PGI Kukar Pdt. Jepry Yuwanto Daminto, menyampaikan “PGI hadir sebagai wadah untuk meghadirkan keesaan gereja, memberi nuansa sendiri dalam rangka mendukung pemerintah menjalankan tugas pemerintah, PGI adalah rekan kerja pemerintah”.

 

“Malam ini kita memakai tema “NUSANTARA” keberagaman budaya, mau menunjukkan PGI adalah adalah rumah kita bersama dalam berbeda kebudayaan bahasa, boleh bekerja sama dan melakukan apa yang berkenan bagi Tuhan”, katanya menjelaskan tentang tema Nusantara, karena semua prosesi dari awal memakai pakaian adat dari daerah masing-masing.

 

“Berdiri gagah patung Lembu Suana

Dibangun di Pulau Kumala

Sampai disini pidato saya

Tuhan memberkati etam galanya”

-…-…-…

“Dari Partia ke Kalimatan

Orang Majus datang naik kapal

Selamat natal PGI ucapkan

Kepada jemaat Kristiani di hari Natal”

 

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

fb /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar