ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Rabu, Juli 17, 2024

 

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka secara resmi Lomba Miskat, Jepen dan Kuliner antar OPD/BUMN/BUMD dan TP PKK Kecamatan serta DWP UP Dinas/Badan/Kantor se Kukar, pada Selasa (16/7/2024) di halaman parkir stadion Rondong Demang Tenggarong.

 

Setelah di buka, dihari pertama ini dilanjutkan dengan lomba Jepen antar TP PKK Kecamatan.

 

Dipanggung kehormatan, Edi Damansyah didampingi oleh Forkopimda seperti, Dandim, Polres, Plt. Dispar Sugiarto, Kepala OPD, TPP PKK, Camat, TP PKK Kecamatan dan undangan lainnya.

 

Edi Damansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kerjasama Dispar dan TP PKK Kukar berjalan dengan baik dalam pelaksanaan lomba ini untuk kelestarian tradisi seni budaya agar terjaga dengan baik”.

 

Edi berharap agar momentum festival ini tidak hanya melestarikan tapi bagaimana kita mempromosikan sehingga dapat mendorong ekonomi kreatif di Kukar.

 

“Mari kita jaga bersama kearifan lokal ini, tradisi budaya kita terhadap baju khas Kutai Miskat yang sudah ditetapkan sebagai pakaian kerja, dan juga tari jepen terlestarikan dengan baik, sanggar-sanggar di kecamatan juga aktif sekali untuk memelihara dan mengembangkan kesenian Tingkilan dan Jepen”.

 

Edi juga berharap agar kedepan anak-anak sekolah diikutkan untuk mengenalkan tradisi budaya pada usia dini, dan juga guru-gurunya diikutkan, jangan hanya di tingkat OPD saja.

 

Sementara Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kukar Maslianawati Edi Damansyah menyampaikan selamat bertanding kepada seluruh peserta, kalah menang soal biasa.

 

“Maslianawati melalui TP PKK Kukar berjanji akan membantu pemerintah dalam mengatasi stunting dan anak kekurangan gizi”.

 

“Maslianawati meyakinkan pemerintah dalam dua bulan kedepan kita akan atasi ini”, ucapnya.

 

 Berikut pemenang Lomba Jepen antar Kecamatan:

Terbaik I : Muara Muntai

Terbaik II : Sebulu

Terbaik III : Sangasanga

Terbaik IV : Marang Kayu

Terbaik V : Samboja Barat

Terbaik VI : Loa Janan

Best Costume : Muara Wisa

Favorite : Muara Kaman

 

Suporter Terheboh :

1.      Muara Kaman

2.      Muara Badak

3.      Sebulu

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar