Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Senin, Juli 05, 2010

IBADAH ALAM TERUNA






Ibadah Alam Teruna merupakan kegiatan yang berhubungan dengan alam, alam merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa buat manusia untuk dikelola dan dinikmati. Ibadah Alam ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 4 kali dalam setahun dan ini terus berlangsung tiap tahun.

Pada Minggu (4/7) pukul 14.15 rombongan Teruna GPIB Efata Tenggarong menuju Pospelkes Hosana Loa Ulung. Sebelum tiba dilokasi banyak tantangan yang harus ditempuh, mulai dari perjalanan menuju penyebrangan, lalu menyebrang dengan veri dan setelah itu jalanan yang tidak baik untuk kendaraan roda dua tapi masih bisa ditempuh.

Sehubungan dengan belum selesainya pembangunan gedung gereja yang baru, dan lokasi ibadah alam yang tidak memungkinkan untuk dipakai, karena menurut informasi dari warga jemaat yang mengkoordinir, katanya lagi basah karena habis diguyur hujan kemarinnya. Dan mau tidak mau kami memakai rumah jemaat yang sementara ini digunakan sebagai tempat ibadah bagi warga jemaat Hosana Loa Ulung, karena gedung gereja yang baru masih dalam tahap pembangunan. Ini terjadi karena gereja sebelumnya sudah dibongkar karena kondisi tanah tempat gedung gereja kondisinya labil dan dibawahnya sudah banyak terowongan akibat dari exploitasi batubara, sehingga tanah yang diatasnya sudah retak-retak dan tidak tertutup kemungkinan akan longsor.

Ibadah dipimpin oleh Pnt.Mina Jurai Trick (Ketua 3) dari Yakobus 1:19-21. Selain dari anak teruna Efata Tenggarong juga ikut bergabung dari anak teruna Hosana Loa Ulung dan Majelis dari jemaat setempat. Setelah ibadah kami disuguhi minuman dan snack untuk menambah tenaga, karena setelah itu kami mengadakan touring sekitar kampung, persawahan, sungai-sungai kecil, danau bekas tambang, hutan-hutan kecil dan areal tambang. Kegiatan ini sangat melelahkan dan jalanan yang kami lalui banyak rintangan, mulai dari pematang sawah, semak-semak belukar, sungai-sungai kecil, jalan tambang yang seharusnya buat jalur dumtruck, jalan turun naik yang terjal, dlsb.

Tantangan ini tidak menyudutkan semangat para teruna, mereka menilai ini sangat bermanfaat dan disamping itu untuk menambah pengalaman dan kebetulan ini hari libur. Dan menurut pendapat mereka kalau bisa terus diadakan kegiatan seperti ini sesuai dengan jadwal.

tuani sianipar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar