EIFAF, 21-29 Juli 2018 - Festival Kota Raja VII, 28 Spt - 7 Okt 2018

"Pelaksanaan Erau Adat Kutai & 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) dilaksanakan pada tanggal 21-29 Juli 2018 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Kamis, Juli 15, 2010

JAJAK GRATIS



























Pesta Adat Pelas 7 Benua, 11-18 Juli 2010 atau kurang lebih selama 7 hari masyarakat Kutai Kartanegara yang datang menyaksikan perhelatan pesta rakyat ini dimanjakan dengan suguhan Jajak Gratis diatas gubang. Jajak Gratis ini merupakan makanan/kue khas Kutai. Sebanyak 20 jenis jajak dibagikan bagi pengunjung seperti: tumpi, putu labu, onde-onde,apam, roti pisang, elat sapi, kicak, lemper/gogos, getas, putri selat, amparan tatak, golongan ayam, serabai, cincin, bingkak, wajik, pulut soko, dadar gulung, klepon, dan kelompok pisang.

Tujuan dari kegiatan ini selain untuk melestarikan jajak khas kutai tapi juga untuk memperkenalkan kepada khalayak umum makanan khas kutai.

Ketertarikan masyarakat jajak gratis karena dalam pelaksanaannya sekali dalam setahun, cara penyajian yang unik, jajak ditaruh diatas gubang (ces/ketinting) lalu dihelat ketengah sungai, sementara masyarakat sendiri menunggu dipinggir sungai dan melambai memanggil gubangnya. Banyaknya pengunjung yang berdesakan menunggu dipinggir sungai dan ketika gubangnya menepi jajaknya ludes seketika sampai ada yang basah kuyup terjatuh.

Tak lama jajak gratis ini ludes seketika, siapa terlambat tidak kebagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar