ERAU ADAT KUTAI

ERAU Adat Kutai dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Tenggarong yang ke 242 tahun (28 September 1782) pada tanggal 21 s/d 29 September 2024

Sabtu, September 21, 2024

 

HORAS KUKAR TENGGARONG – Menjaga tradisi, melestaikan adat istiadat yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar), hari ini pada Sabtu (21/9/2024) seluruh masyarakat Kutai Kartanegara hadir di stadion Rondong Demang Tenggarong untuk menyaksikan pembukaan Erau Adat Kutai oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Aji Muhammad Arifin dan Permaisuri membuka secara resmi pegelaran Erau Adat Kutai yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Sultan Aji Muhammad Arifin didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah.

 

Pembukaan Erau Adat Kutai ini juga turut dihadiri oleh Brigjen TNI Anggara Sitompul, mewakili Raja Goa Andi Muhammad Isradi Zainal, Danrem 0901 Aji Surya Natakusuma, Pangeran Wira Praja Isran Noor, wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Forkopinda serta undangan lainnya.

 

Edi berterima kasih dan memberi apresiasi kepada panitia terkhusus Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura atas pelaksanaan Erau Adat Kutai tahun 2024.

 

“Dengan mengusung tema “Memajukan Kebudayaan mengangungkan Peradapan Nusantara”, selain acara skral adat Erau Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura juga menghadirkan beragam pertunjukan seni tradisional, expo, olah raga tradisonal”, ujar Edi memberi informasi kepada masyarakat.

 

“Melalui Erau ini kita dapat melihat kekayaan budaya di Nusantara ini, serta menjalinkan hubungan yang harmonis antara etnis, khususnya di Kukar”, kata Edi.

 

Edi juga mengatakan, bahwa Kukar merupakan miniature Indonesia karena semu etnis ada di Kukar.

 

Sebagai informasi Erau Adat Kutai akan berlangsung dari tanggal 21 – 29 September 2024 di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

***

www.tuanisianipar.blogspot.com

www.pariwisatakukar.wordpress.com

FB / IG /  youtube : Tuani Sianipar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar