Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024

Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB 2024 akan dilaksanakan di Musyawarah Pelayanan Kalimantan Timur II sebagai tuan rumah

Senin, Januari 27, 2020

Selama dua jam perjalanan kami menuju Kecamatan Sangasanga dengan menggunakan kendaraan roda empat dari kota Tenggarong, ibu kota Kab. Kutai Kartanegara. Sangasanga dijuluki sebagai Kota Juang, karena 73 tahun yang lalu atau tepatnya tanggal 27 Januari 1947 terjadi peristiwa perebutan wilayah dengan masyarakat sangasanga yang dijuluki dengan Peristiwa Merah Putih, karena wilayah sangasanga kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi.

Guna memperingati Peristiwa Merah Putih Kota Juang Sangasanga, panitia dari kecamatan menggelar berbagai kegiatan, seperti napak tilas, pameran dan berbagai kegiatan lainnya.

Disampaikan, Napak Tilas diikuti sekitar 70 regu atau sebanyak 700 orang peserta yang datang dari berbagai kecamatan, sedangkan peserta pameran ada sebanyak 35 stand dari berbagai instansi pemerintah dan swasta. Dari masing-masing peserta pameran akan mengadakan berbagai kegiatan unggulannya, salah satunya dari Instansi Disdukcapil dengan program KIA nya (Kartu Identitas Anak).

Edi Damansyah (Bupati Kutai Kartanegara) dalam sambutannya mengatakan, untuk selalu digelar tiap tahun peringatan Peristiwa Merah Putih, agar sejarah terus kita lestarikan, diketahui atau menjadi ilmu pengetahuan kegenerasi muda bagaimana perjuangan ini, selalu terpatri disanubari kita, apa yang dikorbankan menjadi pemicu semangat kita.

Pameran pembangunan dalam rangka memperingati Peristiwa Merah Putih Sangsanga ini digelar untuk mendorong/memberikan bagaimana mengembangkan ekonomi kerakyatan kepada masyarakat sangasanga, memberikan dampak yang konkrit, meningkatkan makna yang kuat buat generasi yang datang, ucarnya.

Edi Damansyah, sebelum menyampaikan sambutannya, terlebih dahulu menyerahkan kursi roda kepada ketua veteran (Paiman) selaku pelaku sejarah yang turut hadir.

Terakhir peresmian Kalender Event Dinas Parwisata Kab. Kutai Kartanegara Tahun 2020, dan setelahnya meninjau arena stand pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar