Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Selasa, September 13, 2016



Pulau Kumala yang berada ditengah-tengah sungai Mahakam di Kota Raja Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara menjadi lokasi wisata keluarga untuk mengisi liburan. Pulau Kumala saat ini sedang booming pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Setiap sabtu dan minggu serta liburan, pulau kumala disemuti ratusan manusia menikmati aroma pulau kumala.



Di sore mendung (12/9) setelah memmbayar retribusi parkir Rp.2.000,-, kami (saya, isteri dan dua puteri kami) menuju loket tiket masuk Rp.7.500 untuk dewasa dan Rp.5.000,- untuk anak-anak.


Di tengah himpitan pengunjung melewati jembatan Repo-repo (gembok) yang menuju pulau kumala. Disisi kiri kanan jembatan sudah mulai menjamur gembok-gembok yang dipasang oleh pengunjung. Di ujung jembatan setelah tiba di pulau kumala, saya bingung … mau kemana tujuan kami, karena membludaknya pedagang-pedagang makanan dan minuman dan rental sepeda dan lain sejenisnya menumpuk ditambah lagi mobil wisata dan kereta wisata yang lewat … macet.



Akhirnya kami memilih kereta wisata tiga gerbong, satu orang Rp.10.000,- mengelilingi pulau kumala + transit di satu obyek wisata kemudian lanjut.



Pulau Kumala masih banyak yang perlu dibenahi.

Selamat berlibur …

Jangan diam di rumah aja bro …

Indonesia ini luas …

Jelajahi Kutai Kartanegara …

Mari berwisata minimal sekali dalam setahun.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar