Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Senin, Desember 21, 2015



Disbudpar Kab. Kutai Kartanegara bekerjasama dengan TransTV mencoba menelusuri sisi keunikan Kecamatan Muara Muntai Kab.Kutai kartanegara (19/12). Jalan Jembatan Kayu terpanjang di Indonesia terbuat dari kayu ulin, dengan lebar mulai dari 1 mtr hingga 6 mtr.

Pada awalnya terbuat dari bambu (1959), kemudian tahun 1980 diganti dari kayu ulin, alasannya karena kayu ulin sangat kuat. Ide pembuatan jembatan ini karena daerah Muara Muntai sering dilanda banjir. Sampai sekarang jembatan kayu sudah ada yang berumur 30 tahun, ada sebagian yang sudah direhab karena rusak, pakunya longgar karena banyaknya kendaraan roda dua yang lewat.
Sopan Sopian, S.Pd (Kepala Desa) mengatakan, perawatan dilakukan secara swadaya, dengan menambal atau mengganti kayu yang rusak. Masyarakat setempat melakukannya secara gotong royong dan kayu ulinnnya disuplai dari Kutai Barat (Resak dan Tanjung Issuy), karena disekitar Kecamatan Muara Muntai tidak ada lagi kayunya.


Ada rencana dari Pemkab ingin mengecor jembatan ini, alasannya karena jembatannya bising bila dilalui kendaraan roda dua, dan pakunya longgar-longgar,kemudian kayu ulin susah dicari sekarang. Tapi rencana itu berlaku hanya disekitar pasar saja atau dekat pelabuhan. Ini dilakukan untuk mempertahankan keunikan yang dimiliki masyarakat setempat, ujarnya.

Juga dijelaskan, jalan jembatannya ada yang baru disambung dengan yang lama, lebih tinggi dan lebar, hingga dua jalur, serta perawatan dilakukan secara rutin. Jembatan ini merupakan kebanggan kami masyarakat disini.

Ajaklah keluarga Anda berwisata ke Muara Muntai. Masih banyak lagi yang dapat Anda dilihat disini. Oh ya…ada masakan khas daerahnya, seperti, ikan salai (suah), sambal kueni (bergetar) dan masih banyak lagi.

Disbudpar Kab. Kutai Kartanegara menawarkan Anda paket-paket wisata, kami siap mendampingi Anda.

Mari BERWISATA minimal sekali dalam setahun, JELAJAHI Negerimu, CINTAI Negerimu.
Jangan DIAM di rumah aja……bangun Brooo…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar