EIFAF, 21-29 Juli 2018 - Festival Kota Raja VII, 28 Spt - 7 Okt 2018

"Pelaksanaan Erau Adat Kutai & 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) dilaksanakan pada tanggal 21-29 Juli 2018 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Kamis, September 22, 2011

Kesultanan Kutai akan Gelar Tarian Daerah setiap hari libur Guna memberikan hiburan kepada masyarakat Kutai Kartanegara, terlebih bagi para pengunjung baik dalam maupun luar negeri, pihak Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura akan menghidupkan kembali kegiatan budaya ke Keraton.

Kegiatan akan dimulai bertepatan puncak HUT Tenggarong ke-229 pada 24 Oktober mendatang, sekaligus ditetapkan sebagai Hari Budaya di Kukar. Hal ini disampaikan Sekretaris Keraton HAPM Gondo Prawiro melalui kerabat Kesultanan H Bambang Saidar pada Rabu (21/9) di Kantor Bupati. Menurut dia, pagelaran tarian keraton tersebut direncanakan digelar secara terus menerus di kedaton setiap hari libur yakni Sabtu dan Minggu yang juga dibuka untuk umum. “Untuk melestarikan kesenian dan budaya keraton, pihak Kesultanan akan kembali menghidupkan budaya keraton dan dibuka untuk umum,”katanya.



Dengan dihidupkannya kembali kebudayaan keraton akan memberikan hiburan kepada masyarakat baik pengunjung maupun dari luar negeri bersama-sama menikmati seni dan budaya keraton.

Jadi kepada pengunjung yang ingin menyaksikan berbagai tarian budaya mulai dari tari topeng, ganjar-ganjur, kanjar laki-kanjar bini dan lainnya yang ditampilkan dilantai dasar kedaton Tenggarong juga sekaligus dipersilahkan menari bersama,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia selain pagelaran seni budaya yang bertemakan “Jadikan Budaya Keraton sebagai konsep Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara” juga ada pameran foto. “Kita berharap dengan pagelaran seni budaya keraton, nantinya akan terus dilestarikan oleh oleh para generasi mendatang sebagai warisan budaya di Kabupaten Kutai Kartanegara,” harapnya. sumber: Koran Kaltim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar