Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Rabu, Juni 09, 2010

Wisata Sungai Mahakam








































Kutai Kartanegara adalah daerah tujuan wisata yang ada di Kalimantan Timur dengan luas kurang lebih 27.263 km2 terletak dibagian Timur Pulau Kalimantan. Wilayah ini mempunyai kekayaan alam dan wisata seperti hutan rimba, tambang, kerindahan alam kehidupan asli suku dayak yang masih setia pada adat tradisinya. Gerbang utama adalah Balikpapan sebelum menuju Kabupaten Kutai Kartanegara yang dapat ditempuh selama 3 jam dengan transportasi darat.

Selain objek wisata Museum, Pulau Kumala, Bukit Bangkirai, Desa Budaya, dlsb adalah wisata sungai. Sungai Mahakam dengan panjang 920 km merupakan salah satu objek yang asyik untuk dinikmati.

Kru Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kutai Kartanegara dengan personil sebanyak 7 orang selama 2 hari (7-8 Juni 2010) mencoba menyelusuri wisata sungai ini. Tetapi agar lebih menarik kami mencoba menyelusurinya melalui rawa-rawa atau danau-danau kecil dengan menggunakan alat transportasi mesin tempel (ces). Kami mengawali dari kecamatan Muara Muntai lalu kemudian Kecamatan Muara Wis. Menyelusuri rawa-rawa dengan menggunakan ces menikmati pemandangan danau-danau kecil, rawa-rawa, anak sungai, burung-burung hinggap dan terbang menikmati banyaknya ikan sungai akibat pasang, sungguh pemandangan yang kami nikmati.

Di pagi hari (8/6/2010) di Kecamatan Muara Muntai ketika kami menikmati serapan pagi nasi kuning dipinggiran sungai Mahakam, kami mendapati hewan air langka berupa Pesut Mahakam sedang bermain-main dihadapan kami. Ini merupakan keberuntungan yang sangat luar biasa bagi kru, karena selain Tuani Sianipar ada sebagian kru yang belum pernah melihat Pesut Mahakam secara langsung di sungai Mahakam. Pesut ini muncul kepermukaan ketika suasana hening atau ketika tidak adanya ces yang hilir mudik disekitar lokasi pesut. Selain dipagi hari, malam juga anda dapat melihat pesut saat sungai mulai hening. Pengalaman ini kami nikmati ketika kru mencoba memancing dan tiba-tiba beberapa pesut muncul kepermukaan, dimalam hari pesut dapat anda lihat karena lokasi tersebut sedikit lebih terang akibat penerangan lampu rumah-rumah penduduk dipinggiran sungai.

selamat menikmati wisata air sungai anda.
tuani sianipar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar