Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Kamis, September 10, 2009

JOURNAL MAHASISWA KKN UNMUL


Tenggarong

Menjadi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kompetensi Kelompok 007 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara benar-benar memberikan kesan tersendiri bagi kami. Dari awalnya saja, untuk masuk ke Dinas ini, kami butuh “perjuangan” panjang. Mulai dari surat pengantar dari LPPM Unmul yang hilang karena keteledoran salah seorang staf, waktu yang sangat singkat untuk mengurus KKN di Disbudpar, hingga sulitnya meminta tanda tangan karena pejabatnya ternyata sedang tugas dinas ke luar kota (maklum Disbudpar…jalan-jalan…).

Tapi perjuangan kami itu tidak sia-sia. Masuk sebagai mahasiswa KKN di dinas ini bukan berarti kami diperlakukan “berbeda”. Sambutan staf-staf dan pegawai-pegawai Disbupar pada kami sangat ramah. Tidak ada satupun pegawai yang mendiskriminasikan kami. Kami diperlakukan sama seperti staf dan pegawai lainnya.

Bukan hanya itu, setiap ada kegiatan yang diselenggarakan oleh Disbudpar, kami selalu diajak untuk ikut berpartisipasi. Diantaranya adalah Festival Erau Adat Tempong Tawar (yang juga menjadi puncak kesibukan kami di dinas ini), mangikuti kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata, menjadi pramuwisata (tourist guide), bahkan sampai kegiatan administratif di kantor sehari-hari, seperti mengisi situs Disbudpar, mengetik surat, dan lain-lain. Oleh karena itulah kami sangat menikmati bekerja menjadi “pegawai temporer” di kantor ini, meskipun kami hanya 2 bulan (10 juli-10 September 2009) mengalami pengalaman once of a lifetime seperti ini. Meskipun banyak suka dan duka yang kami alami, tapi kami tidak akan pernah melupakan kantor ini, dan kebaikan seluruh pegawai di sini. Semoga mahasiswa KKN Unmul tahun berikutnya mau memilih untuk KKN di Disbudpar Kutai Kartanegara, karena mereka juga pasti akan mengalami pengalaman yang luar biasa, sama seperti perasaan kami terhadap kantor ini.

Terima kasih kami pada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs. H. M. Idrus Sy, M.Si yang mau menerima dan membimbing kami, Sekretaris H. Fachrodin (lewat tangan Bapak lah kami bisa menginjakkan kaki di kantor ini), Kepala Bidang Umum Drs. Supriyadi yang sangat membantu kami dari awal bekerja di kantor dan mau menempatkan kami sesuai dengan program studi kami, kemudian tak lupa pula pada Kepala Bidang tempat kami bekerja: Kabid Kebudayaan, Kabid Pemasaran, Kabid Keuangan, dan juga Kasi-Kasi kami, Kasi Promosi, Kasi Jarahnitra, dan Keuangan. Kepada para staf-staf yang sudah berbaik hati pada kami, terima kasih tak terhingga juga tak lupa kami ucapkan.

Sebaliknya, semoga kehadiran kami juga bisa berkesan di hati seluruh pegawai dan staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara.

Mahasiswa KKN Universitas Mulawarman Kompetensi Kelompok 007 : Jusmalia Oktaviani, Retno Wulandari, Akhmad Hazairin, Marlisa Audya Putri, dan Lita Astriana.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar