EIFAF, 21-29 Juli 2018 - Festival Kota Raja VII, 28 Spt - 7 Okt 2018

"Pelaksanaan Erau Adat Kutai & 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) dilaksanakan pada tanggal 21-29 Juli 2018 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Senin, Mei 23, 2016



Ditandai dengan pemotongan pita oleh Drs. Edy Damansyah (Wakil Bupati Kukar), didampingi Dra. Sri Wahyuni, MPP (Kadisbudpar Kukar) dan beberapa kepala SKPD lainnya serta tokoh-tokoh adat dayak, pimpinana paguyuban, sanggar seni, tokoh seni daerah dan tokoh masyarakat, secara resmi membuka “Pusat Informasi Dayak (Dayak Experience Center)” jumat 20 Mei 2016 di Lamin Amin Bioq Pulau Kumala.


Dayak Experience Center merupakan pusat informasi Budaya Dayak di Kab. Kutai Kartanegara, yang menggunakan Rumah Panjang Dayak Kenyah Amin Bioq di Pulau Kumala. Dayak Experience Center berisi informasi dan benda-benda budaya yang menggambarkan sosial budaya 7 etnis dayak yang bermukim di wilayah Kutai Kartanegara, seperti: Benuaq, Tunjung, Basap, Bahau, Modang, Kenya dan Punan, ujar Sri Wahyuni.



Dijelaskan juga, Saat ini Dayak Experience Center masih diisi oleh 5 etnis dayak, seperti, Benuaq, Tunjung, Modang, Kenya dan Punan, dan lainnya akan dilengkapi kemudian. Benda-benda budaya tersebut ada 70 unit yang meliputi, ragam pakaian adat, perlengkapan upacara adat, peralatan tenun, peralatan musik tradisional, peralatan berburu dan perang serta aksesoris benda-benda budaya lainnya.



Dayak Experience Center, merupakan wadah edukasi tentang budaya dayak Kukar atau pusat kegiatan budaya di Pulau Kumala, dan salah satu obyek wisata pengunjung di Pulau Kumala dengan tarif masuk Rp. 5.000,-/org dewasa dan Rp. 3.000,-/org anak-anak.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar