Kongres Dunia CIOFF, 20-29 Okt 2017 - EIFAF, 22-30 Juli 2017 - Festival Kota Raja, 27 Spt-1 Okt

"Pelaksanaan Kongres Dunia CIOFF ke-47 Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2017 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia"

Senin, Januari 18, 2016



Disbudpar Kab. Kutai Kartanegara bekerjasama dengan TV Nasional dan beberapa media lokal beserta komunitas Pesut Mahakam (Sabtu,16/1) melakukan perburuan Pesut Mahakam atau mamalia langka yang dilindungi, karena populasinya tidak mencapai 100 ekor lagi. Lokasi yang kami sasar diawali dari Kota Bangun sampai ke Muara Kaman. Kurang lebih selama 6 jam kami menyusuri lokasi tersebut menyaksikan Pesut Mahakam hilir mudik, timbul tenggelam. Ketika berada di tengah sungai Mahakam, kami memperlambat ketinting (alat transportasi sungai Mahakam berukuran kecil) kami, kemudian mengamati disekelilingnya, kami kewalahan mengambil fotonya, itu disebabkan karena waktu timbul pesutnya sangat singkat, beberapa detik saja, kemudian ada yang timbul dibelakang kami, ada juga yang timbul disamping, ada yang jauh dari pandangan kami, ada juga yang dekat. Sekali timbul harus menunggu beberapa menit untuk timbul lagi. Dituntut kesabaran dalam Perburuan Pesut Mahakam ini.

Namun demikian ada kepuasan ketika melihat mamalia langka ini bermain-main di sungai Mahakam. Ada yang berkelompok sampai lima ekor, ada yang berpasangan.


Sssssstttt…satu lagi, di Muara Kaman Brooo…ada warung yang menyediakan udang galah guede…guedeeee…sambalnya pedas selangit, yang tadinya cuaca panas tiba-tiba gerimis. Kata orang Batak, andalimannya bergetar. Teman-teman yang lainnya sudah mundur, tapi orang batak yang satu ini, maju teruuussss….sambalnya nambah Bu!?


Sejak perburuan Pesut Mahakam yang pertama (2015) yang lalu sampai sekarang (2016) belum ada kami mendengar berita tentang Pesut Mahakam yang mati atau terjerat jaring. Itu menandakan bahwa sampai sekarang Pesut Mahakam masih terlindungi.


Kembali kami menawarkan kepada Anda,

Mari Berwisata Minimal Sekali Dalam Setahun

Ajaklah Keluarga Anda mengenal alam sekitarnya, Indonesia ini luas Broo…

Jangan berdiam diri di rumah saja.

“BERBURU PESUT MAHAKAM”….Kami siap menemani Anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar